Selasa, 11 Juni 2013

Victoria's Secret, Lahir dari Keberanian Berinovasi

Sobat Winners...

Pernahkan Kalian mendengar Victoria's Secret

Wiwin Oktawinata; Ide dan keberanian berinovasi akan membawa kepada sebuah deferesiansi suatu produk/jasa yang pada gilirannya akan mengantarkan kepada kesuksesan yang nyata.
Saya akan sedikit bercerita.
" Jika Anda seorang pria, bagaimana perasaan anda saat berkunjung ke toko pakaian dalam wanita? Sebagian besar  akan merasa canggung dan malu (saya juga lho...hihihi). Terutama bila suasana pusat perbelanjaan tengah ramai pengunjung. Perasaan canggung ini juga yang dirasakan oleh pendiri Victoria's Secret, Roy Raymond ".

Berangkat dari rasa tidak nyaman yang ia rasakan saat ia ingin membeli sebuah Lingerie cantik untuk Istrinya, Roy pun akhirnya mendirikan Victoria's Secret, sebuah Toko Pakaian Dalam Wanita yang menawarkan kenyamanan bagi pengunjung pria dan wanita, yang didirikan pada tahun 1977 tersebut, kini menjelma menjadi sebuah industri Ritel lingerie terbesar di Amerika dengan lebih dari 1000 toko tersebar di seluruh penjuru Amerika.

Kisah sukses Victoria's Secret bermula dari kunjungan Roy ke sebuah Departement Store yang menjual pakaian dalam wanita. Seperti kebanyakan Pria, Roy yang tidak paham cara memilih pakaian dalam wanita merasa bingung dan mulai kikuk. Ditambah lagi dengan pandangan pengunjung lain (wanita) yang menatap penuh heran pada dirinya. Dalam suasana canggung tersebut, tidak ada satupun staf Departemen Store yang membantunya di tengah situasi penuh tekanan seperti itu, Roy justru mendapatkan sebuah ide bisnis tentang menciptakan sebuah terobosan toko Lingerie yang ramah pada pengunjung, baik itu wanita maupun pria.


Berbekal intuisi bisnisnya, Roy membuka Victoria's Secret pertamanya di Stanford Shoping Center. Di sinilah Roy ingin mewujudkan toko Lingerie yang nyaman bagi seluruh pengunjung. Ia pun berinovasi mulai dari interior toko yang rapi hingga staf yang siap membantu para calon pembeli. Untuk menjamin kenyamanan dan kemudahan pengunjung saat berbelanja, Roy juga memasarkan produknya melalui katalog yang dikirimkan via pos.

Kini Victoria's Secret melebarkan variant produknya pada baju tidur dan parfum. Secara rutin, Victoria's Secret menyelenggarakan Fashion Show yang cukup kontroversial, namun berhasil membawa nama Toko ini semakin berkibar. Inovasi dan diferensiasi yang Roy lakukan membawa mereka menjadi Toko Lingerie terdepan hingga saat ini.

Kejelian Roy Raymond melihat peluag dalam industri yang digelutinya patuh di contoh. Jika kita menerapkan kejelian, yang sama dalam melihat peluang berinovasi ditengah ketatnya persaingan usaha, maka kita akan dapat menjadi juara. Kuncinya adalah Kreatifitas dan Keberanian.

(Sumber : MensaNews)

Baca Juga Nordstrom sebuah Departemen Store yang melegenda.

Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar