Selasa, 11 Juni 2013

Manfaat Bersepeda

Sobat Winners...

"Apakah Sobat pecinta sepeda? seberapa sering sobat bersepeda dalam setiap minggunya..??"

Wiwin Oktawinata; Bersepeda mempunyai 6 manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda, untuk itu ayo kita gowes sepeda...Akhir-akhir ini olah raga sepeda menjadi pilihan populer di banyak kalangan. Anak kecil hingga orang Dewasa beramai-ramai bersepeda di waktu luang atau untuk beraktivitas. 

Hampir setiap hari kita bisa melihat orang-orang bersepeda, bahkan  kini telah ada komunitas orang-orang yang berangkat ke kantor dengan menggunakan sepeda (komunitas 'bike to work'). Sudah hal yang benar dan kita ketahui jika berolah raga itu menyehatkan, atau mengandung manfaat-manfaat lainnya. Bersepeda juga terdapat berbagai manfaat seperti :

1. Membentuk tubuh dan memberikan energi
Saat bersepeda, gerakan yang dilakukan akan membentuk dan menguatkan paha, otot betis dan daerah panggul, sehingga lemak di daerah ini akan berkurang dan digantikan oleh otot.

2. Meningkatkan kesehatan Jantung
Saat ini manfaat utama yang diketahui dari olah raga bersepeda adalah bahwa olah raga ini, jika dilakukan secara rutin dan kontinyu, baik untuk kesehatan Jantung (Cardio), sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.

3. Melancarkan peredaran darah
Dengan bersepeda, sirkulasi peredaran darah menjadi lebih lancar. Olah raga sepeda membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh terutama otak.

4. Mengurangi Selulit
Olah raga sepeda dapat mengurangi selulit di paha serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobic.

5. Mengurani Stress
Dengan bersepeda, kita juga bisa mengurangi kadar stress, dan membuat perasaan menjadi Tenang, karena pada umumnya orang melakukan bersepeda sambil santai dan menghirup udara segar dan terkadang sambil medengarkan musik.

6. Oksigen dan sirkulasi
Oksigen penting untuk semua mahluk hidup dan sangat penting untuk proses pernapasan manusia. Sistem pernapasan biasanya terganggu jika aktivitas sangat kurang. Bersepeda, salah satu aktivitas fisik yang bisa menguatkan otot pernapasan dan paru-paru sehingga bisa membuat sistem pernapasan lebih baik. Sistem pernapasan yang baik juga bisa meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan oleh tubuh.

(dari berbagai sumber)

Nah Sobat Winners...sudah siap gowes sepeda??  Ups...ada kontra manfaat alias efek samping nih. katanya olah raga ini juga memiliki efek samping bagi tubuh kita. Apa ya ? Caba baca di Efek Samping bersepeda.


Wiwin Oktawinata


3 komentar: