Minggu, 09 Juni 2013

Perlukah Visi dan Misi ?

Sobat Winners,

Visi dan Misi, apakah itu? Perlukah itu?

"Lima puluh tahun dari sekarang, nama kami akan dikenal di seluruh dunia dan akan bersaing dalam inovasi dan kualitas dengan kompetitor dimanapun di dunia. Saat itu. "Made in japan" akan berarti sesuatu yang bagus!" (Sony, Tahun 1950-an)

Wiwin Oktawinata, Sobat Winners Visi diperlukan untuk masa depan perusahaan sedangkan misi diperlukan untuk tujuan perusahaan sebagai ekspresi  pengembangan
Seperti kutipan di atas, saat sony hanyalah perusahaan kecil yang baru berdiri. Jepang juga baru bangkit dari puing-puing Perang Dunia II, dari trauma Hirosima-Nagasaki. Ungkapan "Made in Japan" tentu saja menjadi sesuatu yang berarti  hebat, berkualitas, dan impian yang begitu besar. Namun dengan tekad yang sangat kuat, ternyata Sony tidak membutuhkan waktu 50 tahun untuk mencapai Visi tersebut! Di tahun 90-an Sony sudah menjadi salah satu merek yang sangat mendunia bahkan bisa dikatakan sudah "menjajah" negara-negara barat.

Dalam sebuah perusahaan, visi dan misi memang sangat diperlukan. namun yang lebih penting adalah perlunya pemahaman mengenai makna sebenarnya dari kedua kata tersebut.

Apasih pengertian visi dan misi ?

Visi merupakan apa yang perusahaan inginkan dimasa yang akan datang, yang memberikan aspirasi dan motivasi, serta panduan atau rambu dalam menyusun strategi. Sedangkan Misi mengandung tujuan pokok perusahaan sebagai ekspresi dari ambisi untuk mengembangkan perusahaan.

Menentukan visi dan misi adalah tidak sembarangan. Kita tahu bahwa visi dan misi sangat menentukan arah perjalanan sebuah perusahaan. maka dari itu, menentukan visi dan misi tidak boleh "asal jadi". 

Pernyataan visi yang effektif adalah menggambarkan secara jelas gambaran yang ingin dikembangkan perusahaan. Visi digunakan sebagai pemandu untuk merubah hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan. Visi menjelaskan kepada karyawan kemana kita akan menuju, kemana kita akan melangkah. Sedangkan misi sangat membantu dalam mengembangkan perusahaan, diantaranya memberikan arahan, memfokuskan langkah-langkah yang akan diambil, sebagi objektif, target dan program perusahaan dirancang berdasarkan misi yang sudah dibentuk, serta membantu karyawan pada tingkat apapun untuk mengerti arah/langkah mana yang harus diambil.

Nah Sobat Winners...dari sedikit uraian di atas..apakah pentingnya visi dan misi? dan perlukah??

Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar