Rabu, 19 Juni 2013

Manfaat Bawang Putih

Sobat Winners,
 
Wiwin Oktawinata; Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai penambah cita rasa masakan, tetapi memilik manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh.Bawang Putih tidak hanya berfungsi sebagai peningkat cita rasa dalam masakan. Sejak ribuan tahun silam bawang putih juga banyak digunakan untuk terapi penyakit. Sifatnya sebagai anti bakteri menempatkan bawang putih sebagai salah satu tanaman herbal yang efektif untuk membantu proses penyembuhan luka. Banyak sekali manfaat dari Bawang Putih.

 Berikut  beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan kita:
 
1. Mencegah Penyakit Jantung
Bawang putih mencegah sel-sel darah yang diperlukan untuk pembekuan darah (platelet) menempel satu sama lain dan menempel pada dinding arteri, sehingga mencegah penyumbatan arteri, yang pada akhirnya memberi perlindungan terhadap stroke dan trombosis pembuluh darah koroner.
 
2. Menurunkan KolesterolPenelitian membuktikan bahwa bawang putih mampu membantu menurunkan kadar lemak berbahaya yaitu trigliserida dan kolesterol 'jahat' (LDL). Penelitian lain menujukan bahwa bawang putih mencegah oksidasi kolesterol LDL sehingga mencegah LDL menempel pada dinding arteri yang akan menyebabkan berbagai masalah jantung. 
3. Mencegah Hipertensi
Bawang putih bertindak sebagai vasodilator dengan cara memperlebar pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah sekaligus mencegah tekanan darah tinggi.
 
4. Mencegah Kanker
Hasil sebuah studi di National Cancer Institute meyebutkan bahwa orang yang lebih banyak mengkonsumsi bawang putih dan tanaman lainnya dari keluarga Allium memiliki tingkat kejadian terkena kanker lambung yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak banyak mengkonsumsi makan herbal ini.
 
5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dalam berbagai studi, bawang putih telah terbukti efektif melawan mikroba seperti candida albican, sryptococca meningitis, streptococcus, staphylococcus.  Allium dalam bawang putih memblok enzim-enzim yang memungkinkan organisme untuk menyerang dan merusak jaringan tubuh.
 
Demikian sekilas mengenai beberapa Manfat dari Mengkonsumsi Bawang Putih, dan baca juga beberapa artikel mengenai kesehatan lainnya seperti :
 
 
Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar