Jumat, 14 Juni 2013

Manfaat Daun Saga Sebagai Obat Sariawan

Sobat Winners, 


Wiwin Oktawinata; Daun saga dapat mengatasi keluhan penyakit mulut seperti Sariawan dan Amandel. manfaat ini telah terbukti sejak lama.Tahukah kalian dengan Daun Saga?
Mendengar kata saga pasti kalian teringat akan tanaman yang bisa mengobati sariawan. Ya..itu benar!!. Tanaman ini memang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan dan masalah mulut lainnya, seperti amadel, bau mulut dan sebagainya.

Penyakit mulut biasanya disebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh atau alergi yang disebabkan oleh kopi, cokelat, keju, kacang-kacangan dan kentang. 

Sariawan sendiri bisa terjadi jika tingkat stress seseorang sudah melebihi batas normal. Tetapi stress bukan pemicu satu-satunya. Bakteri, luka pada mulut (karena tergores atau tergigit), kurang nutrisi dan salah penggunaan obat merupakan sederet faktor yang bisa menyebabkan munculnya sariawan.
 
Masalah itu bisa di atasi dengan daun saga yang mengandung vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, filsiri zinat, polygalae turomic acid dan pentosan.

Ada beberapa cara mengolah saga menjadi ramuan yang mermanfaat menyembuhkan penyakit mulut dan juga lainnya.

1. Mengobati Amandel
Ambil akar saga, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus semua bahan dalam lima gelas air sampai mendidih dan air tersisa setengahnya. Lalu sarig dan minum dua kali sehari masing-masing satu gelas.

2. Mengobati Sariawan
Petik daun saga yang masih segar secukupnya. Jemur beberapa menit dan cuci bersih. Kunyah daun tersebut hingga halus dan biarkan air daun saga itu bekerja mengobati sariawan. Ingat sisa daun jangan ditelan.

3. Mengobati Mata Meradang
Ambil satu genggam daun saga, cuci bersih. Setelah itu rebus dengan dua gelas air dan ambil embunnya. Teteskan embun itu ke mata yang merah satu kali sehari.

Demikian Sobat Winners...selamat mencoba.

Baca juga Manfaat Buah Apel dan Manfaat Kulit Apel
Jangan ketinggalan artikel Manfaat Serat bagi Penderita Diabetes, Manfaat Bawang Putih dan jika tubuh Sobat terasa lemas sebaiknya juga baca Sinyal tubuh jika Kekurangan Nutrisi.

Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar