Jumat, 14 Juni 2013

Manfaat Buah Apel

Sobat Winners,..

" An apple a day keeps the doctor away "
Inilah ungkapan yang sering kita dengar tentang buah apel. Ungkapan ini bukan tanpa bukti, karena banyak penyakit yang bisa di cegah. Buah apel dinobatkan sebagai dokter alami bagi penduduk dunia.

Wiwin Oktawinata; Manfaat buah Apel bukan hanya membuat sehat tetapi juga cantik dengan kulit yag halus serta tubuh langsing
Buah Apel sebenarnya sudah dikenal sejak lama berabad-abad yang lalu. Menurut sejarah, pada tahun 300 SM orang Jerman kuno sudah menanam apel, demikian juga dengan tentara Romawi. Berkat invasi Romawi ke berbagai negara, tanaman apel bisa tersebar ke seluruh penjuru Eropa dan mulai dikenal banyak orang.

Makan sebutir apel sehari bukan hanya menjadi sehat dan jauh dari dokter, tetapi juga cantik, dengan kulit yang halus serta tubuh langsing. Manfaat ini didasarkan pada tingginya kadar zat gizi yang terdapat dalam sebuah apel, terutama vitamin dan mineral.


Kandungan zat-zat gizi dalam 100 gram buah apel adalah 58 kkal energi; 4 g lemak: 3 g protein; 14,9  karbohidrat; 900 IU vitamin A; 7 mg tiamin; 3 mg riboflavin; 2 mg Niacin; 5 mg vitamin C; 0,04 mg vitamin B1; 0,04 mg vitamin B2; 6 mg kalsium; 3 mg zat besi; 10 mg fosfor dan 130 mg potasum (kalium). Disamping zat-zat gizi tersebut di atas, rahasia dan manfaat buah apel sebagai pencegah penyakit terletak pada kandungan karoten dan pektinnya.

Karoten 
Memiliki aktivitas sebagai vitamin A dan juga antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit generatif seperti kanker, diabetes militus dll

Pektin
Merupakan salah satu tipe serat pangan yang bersifat larut dalam air. Karena merupakan serat yang berbentuk gel, pektin dapat memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa-sisa makanan pada saluran pembuangan. Pektin juga dikenal sebagai antikolesterol karena mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir metabolisme kolesterol. Makin banyak asam empedu yang berkaitan dengan pektin dan terbuang ke luar tubuh, makin banyak kolesterol yang dimetabolisme, sehingga pada akhirnya kolesterol menurun jumlahnya. Selain itu pektin juga dapat menyerap kelebihan air dalam usus, memperlunak feses (kotoran), serta mengikat dan menghilangkan racun dari usus.

Selain itu kadar gula yang terdapat pada buah apel secara alami tidak akan memacu kecepatan naiknya gula darah, sehingga buah apel dapat berfungsi sebagai pengontrol keluarnya insulin. Karena itu mengkonsumsi buah apel secara teratur dapat menjaga keseimbangan gula darah serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Wiwin Oktawinata

1 komentar:

  1. Infonya tentang buah apel sangat bermanfaat gan. terimakasih banyak

    BalasHapus