Jumat, 14 Juni 2013

Manfaat Kulit Apel

Sobat Winners,..

Wiwin Oktawinata; Manfaat kulit apel adalah akibat dari quercetin yang memberikan efek perlindungan dalam melawan kanker dan penyakit hati
" An apple a day keeps the doctor away "
Manfaat Buah Apel sangat banyak sekali. Hal ini disebabkan karena di dalam buah apel terdapat tingginya kadar zat gizi, terutama vitamin dan mineral.

Disamping manfaat yang dihasilkan dari buah apel, kulit apel juga mempunyai peranan dan manfaat yang tidak kalah pentingnya.

Kulit apel memiliki aktivitas antioksidan dan bioaktivitas yang lebih tinggi dari buah apel karena mengandung antioksidan terutama quercetin. Bila vitamin C mempunyai antioksidan 1, quercetin mempunyai aktivitas anti oksidan 4,7 kalinya. Sedangkan daging buah apel jumlahnya lebih kecil dibanding pada kulitnya. Quercetin merupakan antioksidan yang kuat dan memilik efek perlindungan yang potensial dalam melawan kanker dan penyakit Hati.

Semua zat-zat yang dikandung dalam apel selain yang tersebut di atas juga mempunyai khasiat mencegah pembentukan tumor usus dan menunda serangan tumor. Dengan demikian mengkonsumsi buah apel dengan kulit menjadi lebih baik dibanding tanpa kulit.

Namun perlu hati-hati, Apel impor biasanya diberi lapisan lilin (wax) pada kulitnya yang bertujuan untuk menutupi pori-pori kulit buah yang bertujuan untuk menghambat proses pembusukan sehingga memperpanjang usia penyimpanan. Bila digosok dengan lap kering akan timbul warna mengkilat, sehingga berkesan bersih dan segar. Untuk itu cara menghilangkan lilin tersebut adalah dengan mencelupkan sebentar ke dalam air hangat agar lapisan lilinnya mencair, kemudian gosok dengan lap kering hingga bersih, Nah..dengan demikian, apel siap kita santap...hhmmmm segaaar...

Baca juga Manfaat Buah Apel dan Manfaat Daun Saga Sebagai Obat Sariawan.


Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar