Selasa, 18 Juni 2013

Sinyal Kekurangan Nutrisi

Sobat Winners,
 
Wiwin Oktawinata; Tubuh kita dapat memberikan Sinyal bahwa asupan Nutrisi kurang, apa saja sinyal itu? baca artikel Sinyal Kekurangan NutrisiNutrisi sangat penting bagi kesetabilan tubuh. Bagaimana jadinya jika tubuh kita kekurangan nutrisi? Kita semua tidak pernah tahu secara persis asupan nutrisi kita saat makanan masuk ke dalam tubuh kita. Apakah nutrisi itu cukup ataukah kurang. Lalu bagaimana kita mengetahuinya?
 
Bila kita sedang kekurangan nutrisi tertentu, sebenarnya secara otomatis, tubuh akan memberi sinyal antara lain :
 
1. Napas Tak Sedap
Hal ini mengindikasikan bahwa fungsi usus kurang sempurna dan kurangnya asupan serat makanan. Bila makanan diproses dengan sempurna setiap kali makan, sisanya akan melewati sistem pencernaan dengan lebih lancar. Kurangnya serat makanan akan membuat proses pencernaan makanan menjadi tidak sempurna sehingga menimbulkan Nafas tak Sedap.
 

2. Gusi Berdarah atau InfeksiKejadian ini mengindikasikan bahwa kita kekurangan asupan viamin C, zinc dan asam folat.
3. Rambut Kusam
Jika terjadi hal seperti ini, berarti kita kekurangan Biotin, asam amino atau zinc. Asam amino ditemukan pada makanan berprotein tinggi seperti biji-bijian, kacang-kacangan, produk kedelai, telur, daging merah dan unggas. Kalau makanan kita sehari-hari kurang mengandung ini semua, keseimbangan asam amino dalam tubuh akan terganggu. Zat ini diperlukan untuk membangun sel dalam jaringan tubuh.
 
4. Kulit Siku Kasar
Mengapa ini terjadi? Hal ini terjadi sebagai reaksi dari kekurangan Vitamin A. Namun bila sudah cukup, berarti masalahnya pada penyerapan yang kurang sempurna. Kafein dalam kopi, cola, cokelat atau teh dapat mengganggu enzim penceraan, sehingga proses pencernaan makanan kurang baik. Sulit memperbaiki kulit kering hanya degan lotion atau krim, perlu nutrisi dari dalam.
 
5. Lemas dan Gemetar bila Terlambat Makan
Sinyal Tubuh seperti ini mengindikasikan bahwa keseimbangan kadar gula dalam darah dan kemungkinan hipoglikemia (rendahnya kadar gula darah). Penanganannya adalah coba untuk mengkonsumsi makanan kecil beberapa kali sehari diantara waktu makan. Kita memerlukan karbohidrat kompleks yang cukup banyak dalam makanan anda.
 
Nah Sobat Winners, beberapa reaksi tubuh atau sinyal tubuh bila kekurangan nutrisi ini mudah-mudahan menjadi informasi yang bermanfaat buat kita semua.

Baca Juga artikel mengenai Manfaat Buah Apel dan Manfaat Kulit Apel.
Manfaat Air Lemon, dan 5 Alasan Makan Telur  juga bagus untuk dibaca.
 
Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar