Minggu, 16 Juni 2013

Tips Menegur Teman

Sobat Winners, 

Wiwin Oktawinata; Menegur teman bukanlah hal yang mudah terlebih teman yang kita tegur adalah senior kita, bagaimana tips menegur teman??Sesama manusia wajib saling mengingatkan satu sama lain agar kehidupan menjadi lebih baik.Tetapi yang kerap dirasa menyulitkan dalam menegur atau mengingatkan adalah caranya. Pasalnya ada orang yang 'berkuping tipis' sehingga mudah tersinggung dan sulit menerima masukan.

Niat baik memberi masukan atau menegur teman kadang diterima, namun mungkin juga malah bisa menjadi bumerang dan justru kita kena semprot.

Berikut beberapa patokan tips atau seni menegur/mengingatkan teman kita, yaitu :

1. Kapan memberi teguran ?
Jika memang perbuatan teman kita tadi sudah mengusik kepentingan dan teritori orang lain, sudah seharusnya kita menegurnya. Pilihlah waktu dan suasana yang tepat. 


2. Jangan Menegur di depan umum.
Intinya, cari tempat dan moment yang tepat saat mengingatkan atau menegur. Jangan sekali-kali melakukannya di depan umum, karena bisa menyinggung harga dirinya. Usahakan teguran ini dilakukan hanya empat mata saja dan dalam suasana yang enak.

3. Sampaikan dengan senyum.
Untuk membuat seseorang memahami konsep benar atau salah, lakukanlah dengan cara yang santun. Perhatikan intonasi, pilihan kata-kata yang mampu mentransfer pesan sekaligus enak didengar.

4. Kemukakan dengan alasan yang jelas.
Pada diri setiap orang pasti melekat usur ego. Namun, kita harus mampu menunjukan bukti konkret mengapa kita menegur agar teman yang kita tegur bisa menerimanya.

5. Bersikaplah konsekuen.
Jika kita telah menegur teman kita dan dia cuek saja, jangan putus asa. Dalam hati pasti ia megakui, tetapi enggan berkata ya. Jika teman kita tadi mengulang perbuatannya lagi, kita harus konsekuen, tegur dia lagi. Jika orang itu berjiwa matang, tentu akan berfikir dan menangkap keseriusan teguran kita.

6. Teguran tertulis.
Bila teguran lisan tidak mempan, berikan secara tertulis. tulislah pesan dengan jelas, singkat dan mudah dicerna. Masukan ke dalam amplop tertutup supaya tidak ada orang lain yang mengintip isinya. Jangan lupa buat salinannya untuk dokumentasi, siapa tahu kelak kita membutuhkannya lagi.

Demikian sedikit Tips Menegur Teman, dari saya untuk Sobat winners dan semoga bermanfaat.


Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar