Rabu, 12 Juni 2013

Cerdas Mengolah Air Minum

Sobat Winners...

Air yang jernih dan bersih secara kasat mata belum tentu aman dan sehat untuk diminum. Bila kebersihan dan kesehatan tidak dijaga, air mium dapat menimbulkan penyakit. Untuk itu pastikan kebersihan dan kesehatan air yang akan kita minum, cara yang mudah selain kita mengetahui ciri-ciri air minum sehat, pengolahan Air minum merupakan upaya yang penting dalam mendapatkan air bersih layak minum dan sehat.
Sebelum mengonsumsi air minum yang sudah memenuhi syarat kesehatan, sebaiknya kita melakukan beberapa proses untuk membunuh kuman-kuman yang mungkin terdapat dalam air tersebut. Berikut beberapa prosesnya :

- Merebus
Rebuslah Air bersih sampai matang atau mendidih (melebihi suhu 100 derajat Celcius). Biarkan air tetap berada di atas api kompor selama tiga hingga lima menit untuk memastikan kuman-kuman yang ada di air tersebut sudah mati.


-Sodis (Solar Disinfection)
Sodis adalah proses pemanasan air menggunakan tenaga matahari. Caranya, masukkan air bersih di dalam botol bening, lalu letakkan botol tersebut di atas genting atau atap rumah selama empat hingga enam jam saat cuaca panas atau enam hingga delapan jam saat cuaca berawan. Panas matahari dan sinar ultraviolet akan membunuh kuman-kuman yang ada di dalam air, sehingga air layak minum.

-Klorinasi
Klorinasi adalah proses pemberian cairan yang mengandung klorin (bisa dibeli di toko kimia) untuk membunh bakteri dan kuman yag ada di dalam air bersih.

Nah Sobat Winners, meski telah memastikan kelayakan air minum dengan syarat-syarat yang telah di sebutkan pada artikel cerdas memilih air minum, kita harus tetap memeriksa kondisi air minum kita secara berkala. Sekali lagi ini semua sangat penting demi kesehatan kita dan anggota keluarga kita.


Wiwin Oktawinata

3 komentar:

  1. Tanpa memasak air pun ternyata ada cara lain untuk membunuh kuman dalam air... baru tahu nih....
    terima kasih

    BalasHapus
  2. iya..coba saja..tapi sebaiknya bukan di botol plastik ya...

    BalasHapus
  3. Dalam industri pengolahan air minum, generator ozon cocok digunakan untuk desinfeksi dan oksidasi semua jenis pengolahan air dalam industri, laboratorium dan aplikasi pilot plant.

    BalasHapus