Minggu, 09 Juni 2013

Nordstrom, Sebuah Legenda

Sobat Winners...

Pernahkah anda mendengar nama Nordstrom?

Sobat Winners, Wiwin Oktawinata, Nordstrom adalah legenda Depatrtement Stores di US, komitmen kepuasan pelanggan adalah pola pikir karyawan yang sudah membudaya
Nordstrom adalah sebuah nama yang sangat melegenda bagi masyarakat Amerika. Nordstrom adalah salah satu perusahaan Departemen stores terbesar di US. Nordstrom identik dengan  pelayanan yang mengutamakan kepuasan  pelanggan, kepuasan pelanggan berada di atas segalanya.

Komitmen terhadap keutamaan pelanggan bukanlah sekedar manis di bibir saja, bukan juga sebagai pelengkap slogan promosi kepada pelanggan, bukan pula sebagai motto di pin para karyawannya yang selalu dipakai setiap hari melengkapi seragam kerja para karyawan. Sejatinya Komitmen mengutamakan pelanggan untuk mencapai kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh Nordstrom adalah sebuah budaya perusahaan yang sudah mendarah daging bagi setiap karyawan.

Di Cabang Nordstrom manapun perilaku karyawannya terhadap pelanggan mereka adalah sama, yaitu mendahulukan pelanggan di atas segalanya  dan budaya itu sangat kuat sekali. Apa yang mereka lakukan terhadap pelanggan sudah menjadi bagian dari cara hidup dan pola pikir bersama.

Nordstrom adalah salah satu cerminan komitmen perusahaan Departement Stores US terhadap kepuasan pelanggan. Adalah janji bahwa semua toko-toko Nordstrom dimanapun akan menerima pengembalian barang tanpa pertanyaan apapun. Beberapa orang yang kurang bertanggung jawab memang memanfaatkan aturan ini. Mereka membeli baju di Nordstrom, memakainya untuk pesta di malam harinya, kemudian  mengembalikannya dikeesokan harinya.

Sobat Winners..
" Medahulukan kepentingan Pelanggan di atas segalanya...."

Baca juga sebuah kesuksesan dari Victoria's Secret.


Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar