Minggu, 16 Juni 2013

7 Cara Ringankan Arthtritis Rematoid

Sobat Winners,..
Wiwin Oktawinata; Jika Ujung jari terasa nyeri, hati-hati, bisa jadi itu gejala Arthtritis Rematoid, ada 7 cara ringankan arthtritis rematoid;Jika tiba-tiba ujung jari terasa nyeri, kaku dan ada pembengkakan, jangan didiamkan. Segera periksa ke dokter. Bisa jadi hal itu gejala Arthtritis Rematoid (radang sendi). Penyakit ini ternyata lebih sering menyerang wanita muda.

Gejala penyakit ini diawali timbulnya rasa nyeri pada ujung jari tangan disertai dengan adanya pembengkakan dan rasa kaku. Gejala ini bisa juga muncul di ujung jari kaki. Bila tidak segera ditangani, dapat segera meyebar ke seluruh persendian tubuh.

Rasa sakit yang berlebihan membuat penderita terganggu kualitas hidupnya. Hilang Nafsu makan dan tidak bisa tidur. Bila terjadi dalam waktu lama, penderita jelas akan tersiksa.

Berikut ini ada 7 cara meringankan gejala yang timbul sehingga penderita dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa.

1. Berobatlah ke dokter ahli rematik terdekat. Hal ini sangat penting untuk menentukan pengobatan yang tepat. Munum obat teratur sesuai dosis. Bila obat sudah habis segera berobat kembali untuk mendapatkan obat baru. Jangan minum obat rematik tanpa resep dokter, sebab bisa menimbulkan efek samping terutama pada lambung.

2. Katakanlah nyeri terjadi pada pergelangan kaki, jangan paksakan diri berjalan sendiri sekiranya tidak mampu. Jangan segan minta bantuan orang lain. Sebab bila memaksakan berjalan sendiri, di samping akan kesakitan, mungkin saja akan jatuh.

3. Saat tubuh sehat, lakukanlah olah raga secara rutin. Dengan berolah raga, daya tahan fisik akan kuat sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Hindari Olah Raga saat kambuh, sebab gerakan mendadak dan keras membuat radang sendi bertambah parah.

4. Gunakan alat bantu bila perlu. Untuk usia lanjut disarankan menggunakan tongkat pada sendi yang sakit. Selain itu gunaka sepatu yang cocok untuk kaki guna mengurangi nyeri.

5. Istirahat yag cukup. Dengan cukup istirahat tubuh akan bugar sehingga mempercepat penyembuhan. Dalam 24 jam, tidur yang ideal adalah sekitar 8 jam.

6. Konsumsilah makanan sehat, makanan rendah lemak dan kalori. Perbanyak makan buah dan sayuran.

7. Jika terasa nyeri, lakukanlah kompres panas dan dingin. Kompres panas dapat menurunkan ketegangan otot dan melancarkan sirkulasi darah. Sedangkan kompres dingi dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan sehingga mengurangi nyeri.

Demikian 7 Cara Meringankan Arthtritis Rematoid (radang sendi) dan semoga bermanfaat.


Wiwin Oktawinata


Tidak ada komentar:

Posting Komentar