Selasa, 18 Juni 2013

Manfaat Serat bagi Penderita Diabetes

Sobat Winners,
 
Wiwin Oktawinata ; Diet tinggi serat ternyata setara dengan efek obat-obatan Diabetes yang diminum. Dengan demikian mengkonsumsi serat sangat baik dan bermanfaat bagi penderita Diabetes
Makan makanan berserat memang banyak manfaatnya. Baru-baru ini, dr. Abimanyu Carg dari University of Texas Southwestern Medical Centre di Dallas melakukan penelitian terhadap 12 orang pria dan 1 orang wanita penderita Diabetes.
 
Mereka diminta mengkonsumsi suplemen serat sebanyak 24 gram dan 50 gram setiap hari, masing-masing selama 6 minggu. Selama itu pula, mereka mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang sama, tetapi tidak makan makanan berserat. Hasilnya saat mereka mengkonsumsi serat lebih tinggi, terjadilah penurunan kadar gula dalam darah yang cukup berarti yaitu sekitar 8,9%.  Diet tinggi serat ini juga terbukti dapat menurunkan konsentrasi kolesterol dan trigliserida yang sering dihubungkan dengan penyakit jantung.
 
Diabetes Center  di Omaha bahkan menemukan bahwa efek pengurangan kadar gula dalam darah dari diet tinggi serat itu setara dengan efek obat-obat Diabetes yang diminum. Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa para penderita diabetes seharusnya lebih sering mengkonsumsi makanan kaya serat seperti semangka, anggur, jeruk, pepaya, buncis, kismis, ubi jalar dan gandum.
 Wah, Sobat Winners...bermanfaat sekali ya serat itu terutama bagi para penderita Diabetes. Untuk itu mari kita makan makanan berserat setiap hari!!.
 
Baca Juga Artikel :
 
 
Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar