Minggu, 16 Juni 2013

10 Kiat Memilih Sekolah Anak

Sobat Winners, 

Wiwin Oktawinata; Memilih sekolah anak tidaklah semudah yang kita bayangkan,berikut tips memelih sekolah
Tak lama lagi tahun ajaran baru tiba, Bagi yang baru akan memasukan anak ke sekolah tentu anda sedang menimbang-nimbang, sekolah mana yang cocok untuk anak anda?. Memilih sekolah memang tak mudah alias gampang-gampang susah. Jika salah pilih bisa timbul dampak buruk bagi anak dan anda sendiri tentunya.

Agar tidak mengalami penyesalan dikemudian hari, saya akan berbagi 10 Tips atau Kiat Memilih Sekolah Anak.

1. Pertimbangkan Umur Anak 
Sebelum memasukkan anak anda ke sekolah, pertimbangkan dulu umur anak anda. Apakah sudah waktunya bagi anak untuk mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Menurut banyak pakar psikologi, anak sebenarnya tidak 'wajib' bersekolah sebelum berusia tiga tahun. Rangsangan yang dibutuhkan anak usia di bawah tiga tahun sebenarnya masih dapat dipenuhi dirumah. Namun tidak semua lingkungan rumah dapat  memenuhi kebutuhan anak ini, bisa jadi kedua orang tuanya sibuk di luar rumah. Kalau begini situasinya Anda bisa memilih Kelompok Belajar (KB) sebagai alternatif pemenuhan rangsangan tadi.
 
2. Ukur Kemampuan Anak
Ini merupakan salah satu prioritas dalam memilih sekolah. Misalnya jika anak memiliki hambatan berbicara, sebaiknya jangan memilih sekolah bilingual (dua bahasa), karena ini justru akan membebaninya.

3. Ajak Anak Survei 
Anda harus mengajak si buah hati ikut survei ke sekolah-sekolah yang sudah anda seleksi sebelumnya, guna mengetahui ketertarikan anak anda terhadap sekolah itu. Saat ini banyak sekolah (khususnya TK) yang menawarkan kelas percobaan (trial class). Gunakan penawaran ini untuk melihat ketertarikan dan kenyamanan anak terhadap sekolah itu.

4. Diskusikan Dengan Anak Anda
Sedini mungkin, ajaklah anak untuk berdiskusi tentang sekolah pilihannya.Beri kesempatan baginya untuk memilih. Jika merasa nyaman dengan sebuah sekolah, ia pasti akan lebih giat beraktivitas. Proses belajarpun akan terasa menyenangkan baginya. Sebaliknya kalau anak terus-menerus mengeluh, kurang bersemangat ke sekolah dan sering murung sepulang sekolah dan sebagainya. Prestasi anak juga pasti akan terganggu.

5. Sadarilah Bahwa Sekolah Favorit Belum Tentu Cocok Bagi Anak Anda
Banyak Orang tua menginginkan anaknya masuk sekolah favorit atau unggulan, bahkan rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit padahal belum tentu sekolah favorit cocok bagi anak anda. Pada umumnya sekolah favorit atau unggulan memiliki standar tertentu, contohnya kriteria nilai serta standar dalam proses belajar di sekolah tersebut. Standar inilah yang patut menjadi pertimbangan orang tua dan anak. Apakah sekolah itu sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak anda?
6. Cari Yang Fasilitasnya Memadai
Sekolah tak perlu yang memiliki kolam renang. Sekolah dapat dikatakan baik jika sudah memenihi standar yang berlaku. Misalnya tersedia halaman yang memadai, ada ruang kepala sekolah dan guru, ruang kelasnya sesuai dengan jumlah murid, perpustakaan dengan buku-buku yang menunjang, ruang berkegiatan dan toilet yang bersih.

7. Diskusikan Dengan Pihak sekolah
Anda bisa mendatangi sekolah dan meminta waktu untuk berbincang-bincang. Ajak Suami/Istri anda. Tanyakan segala sesuatunya mengenai sekolah yang anda kunjungi, mulai dari kurikulum sampai kualitas guru. Bicarakan semua hingga tuntas. Kalau jawaban yang anda dapatkan tidak memuaskan atau tidak sesuai dengan harapan anda, sebaiknya cari sekolah yang lainnya.

8. Tanya Kenalan Anda
Tanyakan mengenai sekolah kepada teman anda yang anaknya bersekolah di sekolahan yang sedang anda incar. Memang setiap anak memiliki karakter yang berbeda, tapi tentu ada hikmah yang dapat anda petik dari pengalaman mereka yang baik maupun yang buruk. Hikmah ini dapat membantu anda memilih sekolah yang tepat.

9. Pertimbangkan Jarak
 Pertimbangkan jarak sekolah yang dipilih dari tempat tinggal. Sebaiknya sekolah tersebut jangan terlalu jauh, tapi jangan lantas asal memilih sekolah yang terdekat. 

Ada banyak manfaat berkaitan dengan sekolah yang berjarak dekat rumah tinggal, diantaranya:
- Lebih Mudah Mengantar Anak
Dengan mengantar sendiri, anda bisa menghemat pengeularan, karena tidak perlu menggunakan jasa antar jemput anak sekolah.

- Hemat Waktu
Anak tidak akan lelah dalam perjalanan. Ini penting sekali. Anak pergi ke sekolah untuk belajar. Jika sudah keburu lelah ketika tiba di sekolah, ia tidak akan berkonsentrasi secara optimal. Proses belajarnyapun akan terganggu

10. Sesuaikan Dengan Kondisi Finansial
Bisa jadi kriteria sekolah yang anda inginkan sudah terpenuhi semua, namun bagaimana dengan kondisi keuangan anda? Apakah cukup menunjang sehingga anak bisa bersekolah di tempat pilihan?semuanya sudah tentu harus disesuaikan dengan kondisi finansial ada. 

Sekolah mahal belum tentu lebih cocok untuk anak anda dibanding dengan sekolah yang lebih murah. Tapi jangan juga asal memilih sekolah hanya karena biayanya rendah. Pastikan saja uang yang kita keluarkan sebanding dengan apa yang diperoleh.

Nah Sobat Winners, 10 Kiat Memilih Sekolah Anak ini semoga bermanfaat dan Ingat...realistislah dalam memilih sekolah dan hindari sikap terlalu memaksa pada anak. Ia bisa menjadi terbebani di sekolah 

(dari berbagai sumber dan majalah Sekar)

Wiwin Oktawinata



Tidak ada komentar:

Posting Komentar