Senin, 10 Juni 2013

Cara Menjadi Karyawan yang Profesional

Sobat Winners, 

Persaingan dunia pekerjaaan semakin lama semakin ketat. Masing-masing pribadi berlomba-lomba menjadi nomor satu dan unggulan pada suatu perusahaan. Profesional adalah kata pertama yang selalu kita dengar apabila berbicara mengenai sebuah pekerjaan.

Wiwin Oktawinata; Sobat Winners, saat ini diperlukan sekali karyawan yang profesional, yang diidam-idamkan oleh perusahaan.Selain meningkatkan kualitas dan kemampuan diri sendiri, Untuk menjadi seorang karyawan yang diidam-idamkan oleh perusahaan, sudah saatnya kita meningkatkan profesionalisme dalam bekerja.

Profesionalisme tidak sekedar memiliki gelar tinggi atau sertifikasi dibidang pekerjaan, tetapi bagaimana cara kita memancarkan energi, baik untuk melayani pekerjaan maupun memenuhi peran dan fungsi sehari-hari terhadap pekarjaan. Bagaimana cara untuk menjadi karyawan yang profesional?? Berikut beberapa hal yang harus kita miliki untuk menjadi karyawan yang profesional

1. Memiliki pengetahuan khusus yang membuat anda menjadi ahli
Kita harus memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri, agar kita mampu memiliki kualitas yang membuat kita menjadi seorang yang profesional di bidang pekerjaannya.


2. Memilik kompetensi yang membuat kita terampil secara mental dan pengetahuan
Tidak semua pekerjaan mengharuskan kita untuk memiliki pengetahuan yang luas, tetapi seseorang yang profesional harus selalu mempersiapkan diri dan berlatih secara terus menerus, sehingga kita memiliki wawasan terbaik dibidang yang ditekuni.

3. Kejujuran, integritas, dan rasa hormat kepada semua stakeholder
Kita harus selalu fokus pada upaya mencari solusi dengan dasar komitmen, kejujuran dan integritas yang tinggi, Kita juga harus cerdas mengkompromikan nilai-nilai perilaku kerja dengan diri sendiri dan orang lain agar nilai-nilai perilaku dapat sesuai dengan harapan perusahaan.

4. Selalu bertanggung jawab disetiap aspek kehidupan
Seorang profesional tidak boleh membuat alasan untuk mengabaikan tanggung jawab, termasuk juga tanggung jawab atas pikiran, perasaaan dan perilakunya terhadap orang lain. Kita harus menjaga sikap dan kata-kata, agar selalu dapat mejaga  sikap rendah hati dalam hal apapun.
5. Memiliki kemampuan untuk mengatur diri untuk meraih tujuan
Kita juga harus selalu mempersiapkan diri untuk unggul atas semua tindakan, termasuk dalam mengatur diri untuk meraih tujuan yang ditentukan. Pengaturan emosional diri juga penting untuk diperhatikan.

6. Memiliki gambaran yang jelas tentang visi dan misi yang sedang kita kerjakan
Kita juga harus selalu siap menghadapi kondisi apapun. Oleh sebab itu kita harus memiliki perencanaan yang baik dengan resiko yang mungkin dihadapi sebelum bersikap dan bertindak. Termasuk, memiliki prioritas waktu, perhatian serta fokus terhadap semua tugas dan tanggung jawab yang dikendalikan.

Nah sobat Winners...untuk itu marilah kita tingkatkan kualitas diri untuk menjadi karyawan yang profesional dalam bekerja.


Wiwin Oktawinata



3 komentar:

  1. info menjadi pekerja profesional nya bermanfaat, memang kitga harus fokus, jadi apa yg dikerjakan bisa sukses seperti kisah pemilik puding susu ini http://goo.gl/5csOF3

    BalasHapus
  2. tips nya menarik untuk menjadi pekerja profesional. oh ya aq ada cerita menarik nih orang yang udah bekerja secara profesional, disini nih http://bit.ly/1iGwlmP

    BalasHapus