Rabu, 12 Juni 2013

Cerdas Memilih Air Minum Sehat

Sobat Winners..

Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Hampir semua sistem dalam tubuh manusia memerlukan air. Air mengatur suhu badan melalui keringat, membuang racun melalui urine, dan membawa zat-zat penting ke seluruh tubuh. Dan banyak lagi manfaat air putih terhadap kesehatan manusia.

Wiwin Oktawinata ; Air bersih belum tentu layak minum, tetapi air layak minum adalah air yang bersih"Orang bisa bertahan lebih dari seminggu tanpa makan, namun cuma beberapa hari tanpa minum," jelas Dr. Bing Handojo dikutip dari tempointeraktif.com. Itu sebabnya seseorang harus mengonsumsi air paling tidak dua hingga tiga liter perharinya. 

Bila kebutuhan terhadap air belum tercukupi, hal itu bisa berdampak besar pada kesehatan, Selain itu, kita tidak bisa sembarang minum air. Air yang layak minum mempunyai standar tertentu, yaitu memenuhi persyaratan fisik, kimia dan mikrobiologi.

Menurut WHO dalam dekade terakhir rata-rata 50.000 orang meninggal perhari akibat air tak bersih. air yang terkontaminasi dapat membawa penyakit dan bahkan kematian.

Ahli Gizi IPB, Dr. Rimbawan mengatakan bahwa air bersih dan air layak minum adalah dua hal yang berbeda. "Tidak semua air bersih layak minum, tetapi air layak minum biasanya berasal dari air bersih. Air bersih perlu diolah dahulu agar layak minum dan menjadi air minum sehat " jelasnya.

Ciri-ciri dan Syarat Air Minum Sehat
- Syarat Fisik
  1. Tidak keruh
  2. Tidak berwarna apapun
  3. Tidak berasa apapun
  4. Suhu antara 10-25  derajat Celcius atau suhu sejuk
  5. Tidak Meninggalkan Endapan
- Syarat Kimia
  1. Tidak mengandung zat kimia yang beracun
  2. Tidak mengandung zat-zat kimia yang berlebihan 
  3. Tidak mengandung Logam berat
  4. Mengandung yodium yang cukup
  5. Derajat keasaman atau pH air haru netral,yaitu sekitar 7.
- Syarat Mikrobiologi
Untuk memeriksa kelayakan kimiawi dan bakteriologi air minum kita bisa membawa contoh air sumur kita ke Laboratorium terdekat atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hasil tersebut akan meunjukan apakah air sumur kita layak minum atau tidak.

Nah , Sobat sudah yakinkah dengan air minum anda di rumah?? Baca juga artikel saya tentang Pengolahan Air Minum.

Wiwin Oktawinata

1 komentar:

  1. makasih infox, bermanfaat banget...

    http://filterpenyaringanair.com

    BalasHapus