Kamis, 06 Juni 2013

Manfaat SOP pada Suatu Perusahaan

Sobat Winners....

Ibarat sebuah rumah, perusahaan yang baik adalah perusahaan yang tumbuh dan berkembang di atas pondasi yang kokoh. 

SOP-Standard Operating Prosedur dapat menghasilkan kinerja yang teratur , terkoordinir dan efisien.
Salah satu pondasi perusahaan yang kita maksud  adalah Standard Operating Prosedur (SOP) yang rapi dan jelas, yang nantinya dapat memberikan dampak positip pada effisiensi dan efektifitas perusahaan.
 

Mengapa tercipta effisiensi? Karena pada dasarnya tujuan standarisasi adalah mengurangi waste (mubazir) yang muncul akibat kinerja yang tidak teratur, kurang terkoordinir dan akhirnya akan menimbulkan pemborosan.

Standarisari juga membantu perusahaan menjadi lebih efektif dalam beroperasi. Masaki  Imai, pakar Manajemen Jepang dalam bukunya Kaizen menuliskan bahwa tidak ada perbaikan berkesinambungan (Kaizen) yang dapat terjadi tanpa proses yang terstandarisasi, Karena perbaikan Kaizen bukanlah perbaikan yang dilakukan secara tiba-tiba, melainkan perbaikan yang dilakukan secara terstruktur, terukur dan melalui perhitungan yang cermat.


Melalui SOP, proses kerja yang terbukti sukses disatu bisnis segera ditularkan kebisnis lainnya. Proses tersebut dikenal dengan istilah “Leveraging” atau daya ungkit. Kunci keberhasilannya adalah menata proses bisnis yang baik, lalu dilakukan standarisasi. Setelah standarisasi terjadi maka SOP dapat diaplikasikan dengan mudah untuk melipat gandakan kesuksesan di bisnis lainnya.

Berikut ini adalah 5 hal positif yg dapat kita petik melalui adanya pelaksanaan SOP yang rapi:
1.    Memastikan adanya konsistensi
2.    Mempercepat proses pengambilan keputusan secara akurat
3.    Mempermudah proses pengalihan tugas kepada pekerja pengganti
4.    Mendapat pijakan utuk dapat melakukan perbaikan berkesinambungan
5.    Meminimalkan adanya salah pengertian

Akhir kata SOP mempengaruhi peningkatan kinerja dikemudian hari.


Nah, Sobat Winners..selamat memperbaiki dan menerapkan SOP dengan tepat dan konsisten.





Kitapun bisa membuat SOP untuk diri kita sendiri terhadap meja kerja kita. Lihat ulasan selengkapnya di Rapikan dan Bersihkan Meja Kerjaku.


Wiwin Oktawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar