Selasa, 20 Agustus 2013

Facebook atau Google, Manakah yang Paling Tepat untuk Beriklan?

Sobat Winners,

Wiwin Oktawinata : Iklan adalah salah satu kunci dalam marketing. Internet Marketing atau bisnis Online juga memerlukan promosi agar website atau blog bisnis kita lebih dikenal sehigga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan serta meningkatkan Brand Awareness Bisnis kita.Beriklan adalah salah satu kunci dalam Marketing. Hal ini perlu untuk mempromosikan Perusahaan, Produk ataupun Jasa yang Anda miliki. Demikian pula dalam Internet Marketing, kita perlu mempromosikan Blog ataupun Website sebagai upaya untuk memasarkan website atau blog bisnis Online Anda.  Hal ini sangat bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan serta meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda dan banyak lagi keuntungan lainnya.

Di internet ada banyak pilihan untuk beriklan. Hampir semua perusahaan internet mengandalkan iklan sebagai sumber uangnya, seperti Google, Yahoo dan Facebook. Mereka adalah para raksasa yang menguasai pemasukan iklan internet di dunia. Kalau anda berminat untuk beriklan, manakah yang akan anda pilih?

Sebelum anda putuskan akan beriklan, pastikan kalau anda tahu persis siapakah target market anda, sebab tanpa itu, sangat besar kemungkinan iklan anda menyasar pada market yang salah. Percuma bukan?

Beriklan di Facebook ataupun Google memiliki keuntungan masing-masing, yuk kita lihat...

Iklan di Facebook

  • Iklan di Facebook dapat menargetkan profil orang. Beriklan di Facebook bisa diatur berdasarkan usia, lokasi, status pernikahan dan kesukaan profil pegguna Facebook (menjangkau orang).
  • Iklan hanya muncul di Facebook, jenisnya ada sponsored stories dan Facebook ads. Iklan bisa muncul di halaman utama (Home), profile, page, group, event dan lainnya.
  • Panjang teks iklan di Facebook bisa mencapai 135 karakter  lebih panjang dibanding iklan di google Adwords. Iklan di Facebook bisa ditambah gambar.
  • Dari segi biaya, beriklan di facebook relatif lebih murah dibanding Adwords Google, namun demikian sistem bidding juga tetap berlaku seperti halnya di Google Adwords
Iklan di Google
  • Kata Kunci (keyword) menjadi hal yang penting dalam beriklan di google.Pemilihan kata kunci yang tepat berpengaruh terhadap tercapainya performa iklan yang maksimal. Oleh karenanya, riset keyword menjadi sangat penting sebelum anda memasang iklan di google.
  • Di Google adwords juga bisa diatur berdasarkan jenis kelamin, usia, bahasa, lokasi (berbasis alamat IP)
  • Selain bisa muncul di search engine google, iklan yang dipasang juga bisa tampil dijaringan iklan Google, Video dan Seluler.
  • Biaya iklan bergantung pada keyword yang ingin anda iklankan. Ada keyword yang bertarif iklan tinggi dan ada yang rendah, sistem bidding juga berlaku di google.
  • Tersedia tool (alat) untuk memonitor iklan.
Demikian sedikit perbedaan iklan di google dan di facebook. Google menjangkau Keyword, Facebook menjangkau Orang. Keduanya memiliki karakteristik tersendiri. Selain itu faktor lain yang sangat berpegaruh terhadap keberhasilan iklan yang dipasang adalah pengaturan target iklan, copywriting iklan dan landing page. Nah, silahkan pilih yang mana????

Baca Juga :
Plus Minus Website dan Blog
Kesalahan dalam Social Media Marketing 
Beberapa Istilah dalam Bisnis Online 
Tips Peluang Bisnis Online
Keunggulan Bisnis Online
Marketing 2.0, Teknologi Marketing Terkini 
4 Cara Mendongkrak Penjualan dengan Jitu
Strategi Words of Mouth


Wiwin Oktawinata




Tidak ada komentar:

Posting Komentar